Tuesday, 02 September 2014

Zat Mendidih dengan Suhu Tetap Asalkan Tekanan Udara Tidak Berubah



Fisika SMP : Zat Mendidih dengan Suhu Tetap Asalkan Tekanan Udara Tidak Berubah 

Zat cair yang dipanaskan sampai suhu tertentu akan mendidih. Penguapan yang terjadi di seluruh bagian permukaan zat cair disebut mendidih. Pada suhu 1000C air mulai mendidih dan energi kalor yang diperlukan tidak digunakan untuk menaikkan suhunya, tetapi untuk mengubah wujud zat dari cair menjadi gas. Keadaan ini berlaku untuk semua zat yang sedang mendidih. Titik didih adalah suhu pada saat zat cair mendidih. Pada tekanan udara normal (76 cmHg) air mendidih pada suhu 1000C. Apabila tekanan udara luar berubah-ubah, maka titik didih zat juga akan mengalami perubahan. Hal ini dapat ditunjukkan bahwa pada tekanan udara luar kurang dari 76 cmHg air akan mendidih kurang dari 1000C.

Titik didih suatu zat dapat diubah-ubah dengan cara: tekanan ditambah maka titik didihnya naik, tekanan dikurangi, maka titik didihnya turun, dan menambahkan ketidakmurnian zat maka titik didihnya naik. Bagaimanakah titik didih air di daerah pegunungan? Coba kamu jelaskan!
Alat yang dapat mendidihkan air di atas 1000C adalah otoklaf dan pressure cooker. Untuk mengubah wujud cair menjadi gas pada titik didihnya diperlukan energi kalor. Jumlah energi kalor yang diperlukan untuk mengubah 1 kg zat dari wujud cair menjadi gas pada titik didihnya disebut kalor didih atau kalor uap. Secara matematis dapat dituliskan :

Q = m x U

Keterangan
Q = energi kalor yang diperlukan ( J )
m = massa zat ( kg )
U = kalor didih atau kalor uap ( J/kg )
 

Saat terjadi penguapan zat memerlukan kalor, sedangkan pada pengembunan gas melepaskan kalor hingga berubah menjadi cair. Jumlah kalor yang dilepaskan untuk mengubah 1 kg zat dari wujud uap menjadi cair pada titik embunnya disebut kalor embun. Titik embun adalah suhu pada saat zat gas mengembun. Percobaan yang dilakukan oleh para ilmuwan menghasilkan pernyataan bahwa :

Kalor uap = kalor embun.



Kata Kunci :

bagaimanakah hubungan titik didih dan tekanan udara luar? mengapa titik didih air adalah 100 dersajat celcius?,Titih didih air di tekanan udara tertentu,penyebab suhu tidak berubah,mengapa air tidak dpt dipanaskan dengan suhu diatas 100C,mengapa -3 ke -4 dikatakan turun suhunya,cara menjadikan tekanan menjadi titik didih,berapakah titik didih air jika tekanan udara 76 mmhg,berapakah titik didih air jika tekanan udara 76 cmHg dan 100 mmHg,berapakah titik didih air jika tekanan udara 76 cmHg,berapa cmhg diubah ke mmhg

Related Posts to "Zat Mendidih dengan Suhu Tetap Asalkan Tekanan Udara Tidak Berubah"

Response on "Zat Mendidih dengan Suhu Tetap Asalkan Tekanan Udara Tidak Berubah"

Muhammad Risalon Google+