Saturday, 25 October 2014

Pola dan Bentuk Permukaan Bumi

Geografi SMP Kelas 7 : Pola dan Bentuk Permukaan Bumi


Salah satu ciri khas ilmu geografi adalah kemampuan menggunakan peta sebagai sarana belajar. Hakekatnya peta adalah gambar dari berbagai fenomena yang ada di bumi, sehingga peta adalah sumber informasi yang baik. Dalam bab ini kita akan belajar memanfaatkan peta guna memperoleh informasi tentang bentukbentuk dan pola muka bumi, baik dengan cara menganalisa, mendeskripsikan maupun dengan membuat diagram atau penampang dari kenampakan bumi yang ditampilkan peta.

Pernahkah sekolahmu mengadakan perjalanan wisata ke daerah pantai dan pegunungan ? Apabila kamu pernah melakukannya, coba ingat kembali bentukbentuk muka bumi dan obyek geografi lainnya yang kamu lihat. Kemungkinan kamu akan melihat pantai, permukiman, sungai, dataran rendah, dataran tinggi, pegunungan/gunung dan obyek geografi lainnya. Bentuk-bentuk muka dan obyek geografi lainnya dapat dengan mudah kamu temukan atau kamu lihat. Namun demikan apabila kamu mengadakan perjalanan laut kamu tidak dapat melihat bentuk-bentuk muka bumi dasar laut.

Bentuk-bentuk muka bumi ini memiliki sebaran yang berbeda-beda antara wilayah yang satu dengan wilayah lainnya. obyek. Konsep geografi yang mengkaji sebaran fenomena Geografi dalam ruang di permukaan bumi disebut dengan konsep pola. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kajian pola dan bentuk muka bumi merupakan kajian tentang macam-macam bentuk muka bumi dan obyek geografi lainnya serta sebaran dari masing-masing bentuk muka bumi dalam suatu wilayah

Bentuk-bentuk muka bumi di dalam peta tidak digambarkan ke dalam bentuk yang sesungguhnya, tetapi digambarkan dalam bentuk simbol. Oleh kaena itu kamu semua harus memahami simbol-simbol yang ada dalam peta agar kamu dengan mudah dapat membaca atau menginterpretasi peta.



Related Posts to "Pola dan Bentuk Permukaan Bumi"

Response on "Pola dan Bentuk Permukaan Bumi"

Muhammad Risalon Google+