Thursday, 27 November 2014

Artikel Bencana Alam

Artikel Bagus : Artikel Bencana Alam


Kemarin saya sudah memberikan beberapa postingan tentang pengertian artikel dan berbagai artikel bagus dan menarik untuk dibaca. Pada kesempatan ini saya akan memberikan kembali artikel bencana alam.

Berbagai bencana alam telah terjadi hampir di seluruh dunia, Indonesia pun tidak luput dari berbagai bencana alam seperti letusan gunung merapi. Ledakan Gunung Merapi di Yogyakarta ternyata merupakan rankaian bencana yang pernah terjadi di muka planet ini.

Gempa Paling Hebat, (22 Mai 1960)

Meskipun gempa yang satu ini bukan gempa yang paling mematikan ataupun paling menghancurkan dalam sejarah, tapi dalam segi kekuatan, gempa ini memiliki kekuatan 9.5 magnitude. Terjadi di Valdivia, Chili. Gempa tersebut menyebabkan 1,600 orang mati dan 2 juta orang mengungsi.

Badai Selama 24 Jam (3-4 April 1974) Yang hanya bisa dijelaskan pada saat itu adalah 148 tornado yang memporak porandakan 13 negara bagian di Amerika. Badai ini tidak berlangsung dalam 1-2 jam saja, tapi berlangsung selama 24 jam penuh. Akhirnya pada tahun 1974, berita resmi mengumumkan korban meninggal sebanyak 330 orang dan 5,000 orang terluka. 


Gempa Tangshan (1976)
Kalau ingat gempa di China tak lepas dari gempa di Sichuan yang terjadi pada 2008. Tapi, meskipun gempa Sichuan sangatlah mematikan, tapi gempa tersebut tidak bisa dibandingkan gempa Thangsan pada 1976 di China. Gempa tersebut berkekuatan 7.5 SkalaRichter.
Badai Katrina (2005)

Sebanyak 5 Jenis Badai Katrina yang langsung menghajar Gulf Coast pada Agustus 2005. Lebih dari 1,800 orang meninggal karena badai Katrina yang menghajar bangunan di sana. 

Pelajaran Dari Bencana Tsunami  Bagi Kita
Gempa tersebut beserta gelombang tsunami yang terjadi setelahnya menyebabkan bencana yang menewaskan lebih dari 220.000 orang. Patahan seluas 1.000 kilometer persegi yang muncul akibat pergerakan sejumlah lempengan di bawah permukaan bumi dan energi raksasa yang ditimbulkan oleh bongkahan tanah raksasa yang berpindah tempat, berpadu dengan energi raksasa yang terjadi di samudra untuk membentuk gelombang tsunami. 

Angin yang bertiup di atas permukaan laut menimbulkan arus yang terbatas pada lapisan bagian atas laut dengan memunculkan gelombang-gelombang yang relatif kecil. Tsunami yang terjadi di laut lepas tidak akan dirasakan sekalipun oleh kapal laut. 

(Gelombang tsunami terbesar yang pernah diketahui, yang melanda Jepang pada bulan Juli 1993, naik hingga 30 meter di atas permukaan air laut.) 

Gelombang-gelombang laut raksasa terbesar akibat gempa bumi yang tercatat dalam sejarah adalah sebagai berikut

Gelombang raksasa paling tua yang pernah diketahui akibat gempa di laut, yang diberi nama “tsunami” oleh orang Jepang dan “hungtao” oleh orang Cina, adalah yang terjadi di Laut Tengah sebelah timur pada tanggal 21 Juli 365 M dan menewaskan ribuan orang di kota Iskandariyah, Mesir. 

Gelombang samudra Atlantik yang mencapai ketinggian 6 meter meluluhlantakkan pantai-pantai di Portugal, Spanyol dan Maroko.


Artikel Bencana Alam 

27 Agustus 1883: Gunung berapi Krakatau di Indonesia meletus dan gelombang tsunami yang menyapu pantai-pantai Jawa dan Sumatra menewaskan 36.000 orang. 31 Januari 1906: Gempa di samudra Pasifik menghancurkan sebagian kota Tumaco di Kolombia, termasuk seluruh rumah di pantai yang terletak di antara Rioverde di Ekuador dan Micay di Kolombia; 1.500 orang meninggal dunia.


22 Mei 1960: Tsunami berketinggian 11 meter menewaskan 1.000 orang di Cili dan 61 orang di Hawaii. 16 Agustus 1976: Tsunami di Pasifik menewaskan 5.000 orang di Teluk Moro, Filipina.



Kata Kunci :

artikel bencana alam,artikel tentang bencana alam,contoh artikel bencana alam,contoh artikel tentang bencana alam,berita bencana alam,artikel alam,contoh artikel tentang fenomena alam,Contoh sebuah artikel tentang bencana alam ?,mencari artikel tentang bencana alam,Contoh artikel peristiwa alam

Related Posts to "Artikel Bencana Alam"

Response on "Artikel Bencana Alam"

Muhammad Risalon Google+