Saturday, 01 November 2014

Mengganti Tampilan Broswer internet Explorer

Mengganti Tampilan Broswer internet Explorer – Para pembaca sekalian tentu sudah tidak asing lagi dengan browser Internet Explorer, suatu browser yang paling banyak digunakan saat ini. Setiap kali kita akan berkelana di Internet, tentu kita akan menggunakannya. Saking seringnya memakai browser IE, begitu ringkasnya, membuat kita hapal sekali dengan penampilannya. Terkadang membuat kita bosan dan ingin sesuatu yang berbeda dengan yang lain. Dengan beberapa kiat atau trik berikut ini kiranya keinginan pembaca dapat sedikit terobati.

Mengganti Title Bar (Baris Judul) IE

Pada trik yang pertama ini kita akan mengubah tulisan pada baris judul browser IE. Yang dimaksud baris judul adalah tulisan yang terletak di atas baris menu utama. Caranya adalah : Buka registry Windows dengan Regedit, yaitu dengan cara mengklik tombol Start > Run, kemudian isikan Regedit dan tekan tombol Ok. Buka key berikut ini : HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Internet Explorer\Main Carilah value Window Title. Bila belum ada pembaca dapat membuat string value yang baru dengan memilih menu Edit > New > String Value, dan beri nama dengan “Window Title” (dengan spasi tanpa tanda kutip). Isikan value tersebut dengan “Browser idolaku” atau sesuai keinginan pembaca. Jalankan Internet Explorer. Sekarang pada baris judul browser IE akan terdapat tulisan nama homepage ditambah tulisan “Browser Idolaku”.

Mengganti Logo Statis IE

Pada saat browser IE sedang dalam proses berkoneksi dengan situs yang kita hubungi, maka akan tampak logo animasi di pojok kanan atas berupa bola dunia yang sedang berputar. Kemudian setelah halaman telah sepenuhnya ditampilkan pada browser, maka PDF  logo animasi akan berhenti dan berganti dengan logo statis yang bergambar Windows. Tahapan – tahapan di bawah ini akan mengajarkan kepada pembaca untuk mengganti logo statis ini, caranya adalah sebagai berikut : Buatlah logo dengan sembarang ukuran tetapi sebaiknya berukuran 22 x 22 pixels. Pembaca dapat menggunakan program Paint yang ada di menu Accessories. Ubah ukurannya menjadi 22 x 22 pixels dengan memilih menu Image > Attributes. Bila ukuran gambarnya lebih besar dari ukuran tersebut, maka gambar akan ditampilkan dalam bentuk diperkecil. Setelah logo yang sesuai selera selesai dibuat, simpan dengan tipe bitmap ke direktori C:\Windows dengan nama logoX.bmp, misalnya. Jalankan Regedit untuk mengubah registry dan buka key berikut : HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Internet Explorer\Toolbar Buat value baru dengan memilih menu Edit > New > String value dan beri nama dengan SmallBitmap. Isikan data value SmallBitmap tersebut dengan nama direktori dan file yang sesuai dengan yang telah pembaca buat. Dalam hal ini isikan dengan “c:\windows\logox.bmp” (tanpa tanda kutip). Nah, coba pembaca jalankan browser IE dan setelah proses koneksi ke situs selesai pembaca dapat melihat logo yang pembaca buat sendiri.

Mengganti Logo Animasi IE
Dalam trik di atas kita telah mengetahui bagaimana cara mengubah logo statis IE. Selanjutnya kita akan mencoba mengganti logo animasi IE, yaitu logo yang menunjukkan bahwa browser sedang dalam proses koneksi dengan suatu website. Berikut ini adalah satu per satu langkahnya : Buatlah sebuah file gambar bertipe bitmap dengan ukuran 25 pixel untuk lebarnya dan 660 pixel untuk tingginya. Pembaca dapat menggunakan program Paint. Kemudian buatlah gambar – gambar yang menarik pada bidang gambar yang telah kita buat itu. Atau bila ingin sederhana, cukup buat tulisan – tulisan yang menarik. Setelah selesai simpan ke direktori C:\Windows dengan nama LogoAnim.bmp. Sekali lagi kita akan bermain dengan registry Windows. Bukalah registry dengan Regedit dan cari key berikut HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Internet Explorer\Toolbar. Pilih menu Edit > New > String Value. Selanjutnya beri nama dengan “SmBrandBitmap” dan isikan dengan data nama direktori dan file yang bersesuaian dengan nama file bitmap yang baru saja kita buat yaitu “C:\Windows\LogoAnim.bmp”. Jalankan IE. Cobalah berkoneksi ke sembarang situs di Internet, dan pembaca akan melihat logo animasi yang telah pembaca buat yaitu berupa tulisan yang berjalan. Setelah selesai akan berganti dengan logo statis yang juga telah kita buat sebelumnya. Tanpa berkoneksi dengan Internet pun pembaca dapat melihat animasinya. Caranya pilih sembarang file HTML dan perhatikan dengan jeli karena animasinya cukup cepat dan singkat. Maklum yang diakses lokal.

Mengganti “ kulit” IE
Pernah pakai WinAmp ? Para pembaca tentu sudah tidak asing lagi dengan program WinAmp yang digunakan untuk memainkan file musik dengan tipe mp3. Diantara keistimewaan WinAmp adalah dapat berganti tampilan atau “kulit” sehingga tidak membosankan. Sebenarnya hal yang sama juga dapat dilakukan pada browser IE, sehingga browser IE pun dapat berganti kulit. Inilah caranya : Buatlah gambar yang menarik dengan tipe Bitmap (bmp). Ukuran pixelnya sebaiknya adalah 797 x 135 pixels. Bila gambar yang pembaca buat berukuran lebih besar dari ukuran di atas, maka gambarnya akan ditampilkan dengan terpotong, sedangkan bila gambar yang pembaca buat berukuran lebih kecil dari ukuran tersebut, maka gambar akan ditampilkan dalam bentuk tile. Simpanlah ke direktori C:\windows dengan nama SkinIE.bmp, misalnya. Buka kembali registry dengan menggunakan Regedit dan buka key berikut ini : HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Internet Explorer\Toolbar Langkah selanjutnya adalah membuat string value baru. Bila browser pembaca masih menggunakan Internet Explorer 4, maka buatlah string value “BackBitmap”. Dengan demikian gambar yang kita buat akan digunakan untuk “kulit” browser IE4 dan Windows Explorer. Bila pembaca menggunakan browser IE5, maka buatlah string value “BackBitmapIE5”. Yang berarti hanya browser IE5 yang akan menggunakan gambar kita sebagai “kulit”. Sedang bila pembaca menggunakan string value “BackBitmap” sedang browser IE5 telah diinstall, maka gambar kita akan digunakan oleh browser IE5 dan Windows Explorer. Selanjutnya … … terserah anda. Sebagai contoh disini dipilih “BackBitmapIE5”. Isilah value BackBitmapIE5 dengan data berupa direktori dan nama file bitmap yang telah kita buat. Dalam hal ini isikan “C:\Windows\SkinIE.bmp”. Akhirnya coba jalankan Internet Explorer dan sekarang browser tersebut telah berganti kulit. Surfing jadi lebih mengasyikkan … .. Itulah beberapa kiat – kiat yang dapat dipraktekkan untuk merubah tampilan browser Internet Explorer. Bagi para pengusaha warnet, kiat – kiat ini dapat diterapkan untuk membuat browser IE tampil lebih menarik dan lebih mencirikan visi warnet mereka sehingga warnet bisa tampil lebih khas dan bisa membedakan warnet yang satu dengan yang lainnya.



Kata Kunci :

cara mengganti internet explorer,cara mengubah tampilan internet explorer menjadi keren,tampilan internet explore

Related Posts to "Mengganti Tampilan Broswer internet Explorer"

Response on "Mengganti Tampilan Broswer internet Explorer"

Muhammad Risalon Google+