Saturday, 25 October 2014

Pengertian Usaha Pembelaan Negara

PKn SMP Kelas 9 : Pengertian Usaha Pembelaan Negara

Kali ini saya menyajikan sebuah artikel materi pendidikan kewarganegaraan SMP kelas 9 yakni ” Pengertian Usaha Pembelaan Negara“. Semoga artikel ini bermamfaat bagi pembaca.

Pernahkah kalian melihat atau meraba wujud negara? Tentu kalian sulit melihat atau meraba wujud negara, karena negara bersifat abstrak (in abstracto). Namun demikian, untuk mengetahui wujud negara dapat kita telusuri dari unsur-unsur negara seperti penduduk, wilayah, pemerintah, dan pengakuan. Unsur-unsur itulah yang mesti kita bela.

Dalam UUD 1945 tidak dijelaskan pengertian usaha pembelaan negara. Untuk mengetahui hal tersebut, dapat dilihat dalam UU RI Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara. Istilah yang digunakan dalam undangundang tersebut bukan ”usaha pembelaan negara” tetapi digunakan istilah lain yang mempunyai makna sama yaitu ”upaya bela negara”. Dalam penjelasan tersebut ditegaskan, bahwa upaya bela negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara.

PAHLAWAN TANAH
TANDUS. Elan Wukak
Victor (63 tahun), dari
Nusa Tenggara Timur
berhasil mengubah
tanah tandus 21 ribu
hektar di Kecamatan
Loura, Sumba Barat,
Nusa Tenggara Timur,
menjadi hutan jati dan
lamtoro. Sumber :
TEMPO, 24 -30
Desember 2007

Berdasarkan pengertian upaya bela negara, apakah kalian pernah ikut serta dalam usaha pembelaan negara? Apabila kalian pernah ikut serta menjaga wilayah negara termasuk wilayah lingkungan sekitar dari gangguan atau ancaman yang membahayakan keselamatan bangsa dan negara berarti kalian sudah berpartisipasi dalam usaha pembelaan negara. Sikap hormat terhadap bendera, lagu kebangsaan, dan menolak campur tangan pihak asing terhadap kedaulatan NKRI juga menunjukkan suatu sikap dalam usaha pembelaan negara. 


Dengan demikian pengertian usaha pembelaan negara tidak terbatas memanggul senjata, tetapi meliputi berbagai sikap dan tindakan untuk meningkatkan kesejahteraan warga negara. Untuk meningkatkan kesejahteraan warga negara, misalnya dengan usaha untuk mewujudkan keamanan lingkungan, keamanan pangan, keamanan energi, keamanan ekonomi. Misalnya, yang telah dilakukan Elan Wukak Victor, dari Nusa Tenggara Timur merupakan usaha pembelaan negara dalam bentuk keamanan lingkungan



Kata Kunci :

artikel gambar upaya bela negara,contoh bela negara beserta keterangannya dan gambarnya,kliping usaha pembelaan negara kelas IX,rangkuman materi beserta gambarnya tentang pembelaan negara

Related Posts to "Pengertian Usaha Pembelaan Negara"

Response on "Pengertian Usaha Pembelaan Negara"

Muhammad Risalon Google+