Sunday, 26 October 2014

Belajar dan Pembelajaran

Artikel Pendidikan – Belajar dan Pembelajaran

Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses perolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik.

Di sisi lain pembelajaran mempunyai pengertian yang mirip dengan pengajaran, tetapi sebenarnya mempunyai konotasi yang berbeda. Dalam konteks pendidikan, guru mengajar agar peserta didik dapat belajar dan menguasai isi pelajaran hingga mencapai sesuatu objektif yang ditentukan (aspek kognitif), juga dapat memengaruhi perubahan sikap (aspek afektif), serta keterampilan (aspek psikomotor) seorang peserta didik, namun proses pengajaran ini memberi kesan hanya sebagai pekerjaan satu pihak, yaitu pekerjaan pengajar saja. Sedangkan pembelajaran menyiratkan adanya interaksi antara pengajar dengan peserta didik.

Pembelajaran berkualitas sangat tergantung dari motivasi pelajar dan kreatifitas pengajar. Pembelajar yang memiliki motivasi tinggi ditunjang dengan pengajar yang mampu memfasilitasi motivasi tersebut akan membawa pada keberhasilan pencapaian target belajar. Target belajar dapat diukur melalui perubahan sikap dan kemampuan siswa melalui proses belajar. Desain pembelajaran yang baik, ditunjang fasilitas yang memandai, ditambah dengan kreatifitas guru akan membuat peserta didik lebih mudah mencapai target belajar.

Berikut beberapa artikel belajar dan pembelajaran artikel bagus miliki :
  1. Konsep Dasar dan Hakikat Penelitian Pendidikan 
  2. Konsep Media Pembelajaran 
  3. Apa Model Pembelajaran Langsung itu? 
  4. Model Pembelajaran Kreatif 
  5. Model Pembelajaran Inovatif 
  6. Konsep Dasar Pembelajaran Aktif Untuk Mengaktifkan Siswa dalam Belajar 
  7. Pengertian Tujuan dan cara Merumuskan Tujuan Pembelajaran 
  8. 8 Prinsip Penggerak Gairah Belajar 
  9. Penggunaan Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Hasil Belajar siswa 
  10. Kelemahan model pembelajaran kooperatif atau kerja kelompok 
  11. Aplikasi Teori Behaviorisme dalam Pembelajaran TIK 
  12. Penerapan konsep belajar Behaviorisme untuk meningkatkan hasil belajar TIK



Kata Kunci :

contoh artikel belajar dan pembelajaran,aritkel pembelajaran,artikel belajar,artikel tentang belajar,artikel tentang belajar dan pembelajaran,belajar pembelajaraan

Related Posts to "Belajar dan Pembelajaran"

Response on "Belajar dan Pembelajaran"

Muhammad Risalon Google+