Friday, 31 October 2014

Strategi Pengembangan dan Promosi Wisata Sulawesi Selatan

Wisata : Strategi Pengembangan dan Promosi Wisata Sulawesi Selatan


Sulawesi Selatan merupakan sebuah daerah dengan potensi alam luar biasa dan budaya yang sangat kental. Keindahan alam Sulawesi Selatan sangat menyilaukan mata, dengan hanya melihat alam bumi Sulawesi Selatan perasaan akan menjadi hanyut ke dalamnya. Beban pikiran karena pekerjaan akan hilang seketika terbawa oleh keindahan alam Sulawesi Selatan. Budaya yang dimilikinya pun tidak kalah dengan potensi alam. Salah satu yang sangat terkenal adalah Tator (Tanah Toraja). Budaya yang masih sangat kental dan bangunan-bangunan yang tidak akan kita temui di luar Tanah Toraja.

Objek wisata Sulawesi Selatan sangat memukau mata dan sangat disayangkan jika kita tidak pernah sekalipun menikmati keindahan alam Sulawesi Selatan. Objek wisata yang sangat terkenal di Sulawesi Selatan dengan keindahan alam yang sangat luar biasa adalalah Objek Wisata Bantimurung yang terletak di Kab. Maros. Bantimurung memanjakan kita dengan berbagai wisata alamnya seperti, air terjung, goa-goa, dan kupu-kupu yang sangat indah dan hanya akan kita lihat di tempat itu. Apakah hanya itu saja objek wisata alam yang ada di Sulawesi Selatan? Bukan hanya Bantimurung objek wisata alam yang ada masih banyak objek wisata alam yang tidak kalah indah dengan Bantimurung. Objek wisata alam lain yang sangat disayangkan kalau kita tidak pernah ke sana adalah Tanjung Bira (Kab. Bulukumba), Malino (Kab. Gowa), Lejja (Kab. Soppeng), Tanjung Palette (Kab. Bone), Lumpue (Kab. Sidrap),Puttondo (Kab. Takalar). Butta Taratea (Kab. Jenneponto), Ermes (Kab. Bantaeng), Air Terjun 7 Susun (Kab. Sinjai), Danau Tempe (Kab. Wajo), Buttu Kabobong (Kab. Enrekang), Kessi Pute (Kab. Barru), Mattampa (Kab. Pangkep). Itulah sejumlah objek wisata alam yang terdapat di tiap Kabupaten Sulawesi Selatan dan masih banyak objek wisata lainnya yang tidak bisa diuraikan lebih lanjut dengan keindahan alam yang sangat luar biasa.


Dari berbagai objek wisata alam yang ada di atas mungkin hanya Bantimurung yang berada di Kab. Maros yang dikenal oleh para wisatawan dari luar Sulawesi Selatan dan mungkin juga wisatawan dari Sulawesi Selatan pun belum mengenal tempat-tempat tersebut.


Tanah Toraja (Tator)

Objek wisatan budaya tidak kalah hebat dan menterengnya dengan objek wisata alam di Sulawesi Selatan. Objek wisata budaya yang sangat terkenal adalah Tator (Tanah Toraja). Bahkan banyak wisatawan dari berbagai negara berdatangan hanya untuk menyaksikan keindahan alam dan budaya Tanah Toraja. Tapi sangat disayangkang masih banyak lagi wisata budaya yang tidak kalah hebatnya dengan Tanah Toraja akan tetapi tidak terlalu dikenal oleh wisatawan dari luar Sulawesi Selatan. Wisata budaya yang sangat mengagumkan adalah Suku Kajang di Tanah Toa Kab. Bulukumba dan masih banyak objek wisata budaya lainnya yang terdapat di Sulawesi Selatan.

Air Terjung Bantimurung di Kab. Maros

Hampir semua objek wisata alam dan objek wisata budaya yang ada di Sulawesi selatan memiliki potensi untuk merajai dunia pariwisata bukan hanya di Indonesia tapi juga di dunia internasional. Jika potensi ini tidak dimamfaatkan dengan baik sungguh sebuah kerugian yang sangat besar baik bagi Sulawesi Selatan maupun bagi Negara Indonesia tercinta. Hanya dengan sedikit polesan kita bisa menyulap objek wisata ini menjadi wisata yang terbaik dan tentunya hal ini tidak akan terwujud tanpa bantuan dan kerja sama dari seluruh kalangan.

Buttu Kabobong di Kab. Enrekang
Salah satu yang menjadi pertanyaan kenapa objek wisata alam dan objek wisata budaya Sulawesi Selatan tidak bias terkenal dengan potensi yang dimiliki harusnya bisa menjadi salah satu tempat yang menjadi tujuan utama wisatawan. Kita janganlah menyalahkan siapa-siapa karena mencari siapa yang salah hanya membuang waktu, tenaga dan pikiran. Kita harusnya bersama-sama saling mengintropeksi diri masing-masing dan berusaha untuk mengembangkan potensi alam dan budaya yang kita miliki karena itu merupakan asset yang tidak ternilai harganya.
 
Kessi Pute di Kab. Barru

Baik objek wisata alam dan budaya perlu dipromosikan dan tentunya perlu dijaga dan terus dikembangkan adalah kebersihan,  akses jalan dan fasilitas. Di sini yang menjadi prioritas yang perlu kita benahi adalah masalah kebersihan tempat wisata yang kita miliki. Kita tengok saja Bali terkenal dengan keindahan alam sampai ke luar negeri, apa yang ada di Bali saya rasa tidak kalah dengan yang dimiliki oleh Sulawesi Selatan seperti Tanjung Bira di Kab. Bulukumba. Nah… apa yang beda dengan pariswisata kita adalah jalanan dan akses ke Tanjung Bira sangat jauh dari layak untuk bisa menjadi tempat pariwisata terbaik.
 

Promosi Objek wisata alam dan budaya yang sangat cemerlang telah ditempuh oleh pemerintah Sulawesi Selatan dengan membuka sebuah lomba blog dengan tema “Strategi Pengembangan dan Promosi Wisata Sulawesi Selatan”. Hal ini akan memberikan peluang yang sangat besar bagi para wisatawan untuk lebih mengenal objek wisata alam dan budaya yang dimiliki oleh Sulawesi Selatan. Mengingat informasi saat ini akan lebih mudah dikases melalui dunia internet.
 
Event-event untuk mempromosikan objek wisata alam dan budaya Sulawesi Selatan harus lebih sering dilakukan. Mengingat sebuah produk yang baik tidak akan mungkin laku dipasaran tanpa dilakukan promosi yang baik dan tepat serta menganai sasaran yang diinginkan. Semoga pariwisata Sulawesi Selatan ke depannya jauh lebih baik dari sekarang.



Kata Kunci :

Cara mempromosikan tempat wisata dengan baik,cara promosi objek wisata

Related Posts to "Strategi Pengembangan dan Promosi Wisata Sulawesi Selatan"

Response on "Strategi Pengembangan dan Promosi Wisata Sulawesi Selatan"

Muhammad Risalon Google+