Friday, 31 October 2014

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Proses Sosialisasi

Ekonomi SMP Kelas 7 : Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Proses Sosialisasi

Ada lima faktor utama yang mempengaruhi sosialisasi seseorang. Faktor-faktor yang mempengaruhi proses sosialisasi antara lain sifat dasar, lingkungan prenatal, perbedaan perorangan, lingkungan, serta motivasi.

a. Sifat Dasar
Sifat dasar seseorang meliputi karakter, watak, serta sifat emosional. Sifat dasar merupakan warisan dari ayah dan ibu yang diturunkan melalui gen. Gen telah ada sejak anak masih berupa embrio yang di dalamnya mewarisi sifat-sifat sang ayah dan ibu.

b. Lingkungan Prenatal
Embrio berada dalam rahim ibu untuk beberapa waktu. Lingkungan inilah yang disebut lingkungan prenatal. Pada masa ini sang ibu berusaha memberi pengaruh-pengaruh yang baik kepada bayinya. Misalnya mengkonsumsi susu ibu hamil yang bertujuan menambah gizi bayi atau senantiasa mendengarkan musik klasik guna merangsang kecerdasan otak bayi. Tidak menutup kemungkinan adanya pengaruh-pengaruh tidak langsung yang berasal dari sang ibu, seperti penyakit ibu yang dapat mempengaruhi kondisi sang bayi, gangguan endoktrin, penyakit bawaan atau shock pada saat kelahiran.

c. Perbedaan Perorangan
Setelah lahir, seorang anak akan tumbuh dewasa dengan karakteristiknya sendiri-sendiri. Setiap anak mempunyai karakteristik yang berbeda-beda, seperti ciri fisik (bentuk badan, warna kulit, warna mata, dan bentuk rambut), ciri-ciri normal, emosional, personal, dan sosial. Perbedaan perorangan ini mampu mempengaruhi sosialisasi seseorang.

d. Lingkungan
Lingkungan yang dimaksud adalah kondisi sekitar individu baik lingkungan alam, kebudayaan, dan masyarakat yang dapat mempengaruhi proses sosialisasi. Kondisi lingkungan sekitar tidak menentukan, tetapi mampu mempengaruhi dan membatasi proses sosialisasi seseorang.

e. Motivasi
Dalam menjalani kehidupan, setiap individu mempunyai motivasi-motivasi untuk menjadikan hidupnya lebih berarti. Motivasi merupakan kekuatan dalam diri seseorang yang menggerakkan seseorang untuk berbuat sesuatu. Motivasi yang dimiliki seseorang mampu mempengaruhi seseorang tersebut dalam bersosialisasi. Orang yang mempunyai motivasi besar dalam bersosialisasi tentu berbeda apabila dibandingkan dengan seseorang yang tidak mempunyai motivasi.



Kata Kunci :

faktor yang mempengaruhi sosialisasi,faktor faktor yang mempengaruhi sosialisasi,faktor-faktor yang mempengaruhi sosialisasi,faktor sosialisasi,Faktor faktor sosialisasi,faktor yang mempengaruhi proses sosialisasi,artikel faktor pendukung sosialisasi,faktor-faktor perbedaan watak karakter,faktor yang mempebgaruhi sosialisai anak,faktor terjadinya sosialisasi

Related Posts to "Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Proses Sosialisasi"

Response on "Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Proses Sosialisasi"

Muhammad Risalon Google+