Wednesday, 26 November 2014

Keutamaan Bulan Suci Ramadhan

Artikel Islam : Keutamaan Bulan Suci Ramadhan
Apa sebenarnya keistimewahan bulan ramadhandibandingkan dengan bulan-bulan lainnya? Salah satu keutamaan yang terdapat pada bulan suci ramadhan tidak lain adalah puasa romadhan yaitu perintah untuk melaksanakan ibadah puasa selama 1 bulan.Dan masih banyak keutamaan bulan suci ramadhan.
Selain keutamaan bulan suci ramdhan perintah puasa, bulan suci ramadhan juga mempunyai beberapa keistimewahan lainnya yang di antaranya dijelaskan dalam Kitab Sahih Muslim dalam sebuah hadis nomor 1793 yang diriwiyatkan oleh Abu Hurairah ra.:
Bahwa Rasulullah saw. bersabda: Apabila tiba bulan Ramadan, maka dibukalah pintu-pintu surga, ditutuplah pintu neraka dan setan-setan dibelenggu.
Surga / Sorga (al-Jannah) adalah tempat khusus bagi mereka orang-orang yang beriman yang telah mendapatkan balasan pahala dari Allah berupa berbagai macam kenikmatan surga yang tidak pernah ditemukan, dirasakan, dilihat, disentuh, atau dibayangkan sebelumnya. Sedangkan neraka (an-Nar) adalah suatu tempat khusus penyiksaan atau balasan Azab untuk mereka yang dianggap durhaka kepada Allah atau hidup penuh dengan dosa dan tidak mau bertobat.
Khusus pada bulan Ramadhan, seperti dijelaskan dalam hadis tersebut di atas, pintu Surga dibuka dan pintu neraka ditutup. Tentu tidak ada seorangpun di antara kita yang menolak untuk masuk surga dan sebaliknya, tentu tidak ada seorang pun di antara kita yang bersedia disiksa di dalam api neraka. Semoga kita semua tercatat sebagai orang yang nantinya akan dimasukkan ke dalam surga dan dijauhkan dari api neraka. Amin.
Bulan Ramadhan adalah kesempatan bagi kita semua untuk menambah pahala ibadah dan mendekati Allah agar nantinya tidak ada halangan bagi kita untuk melewati pintu-pintu surga Allah dan pintu neraka tertutup bagi kita. Karena itu, manfaatkan kesempatan umur bertemu romadhon untuk meningkatkan iman dan ketakwaan dengan menjalankan ibadah puasa dan ibadah-ibadah lainnya.
Keutamaan lain pada Bulan Suci Ramadhan adalah Allah memuliakan Ramadhan dengan mengadakan malam Lailatul Qadar (لَيْلَةِ الْقَدْرِ) yaitu suatu malam yang menurut surah ke-97 (surah al-Qadar) dalam al-Qur`an lebih baik dari seribu bulan. Pada malam tersebut Malaikat Jibril dan lainnya turun ke bumi untuk mengatur segala urusan. Selain itu, malam Lailatul Qadar juga disebut sebagai malam turunnya al-Qur`an. Wallahu A`lam.



Related Posts to "Keutamaan Bulan Suci Ramadhan"

Response on "Keutamaan Bulan Suci Ramadhan"

Muhammad Risalon Google+