Tuesday, 30 September 2014

Macam-Macam Jaringan Komputer

Macam-Macam Jaringan Komputer – Macam-macam jaringan komputer yang akan dibahas di sini adalah macam-macam jaringan komputer berdasarkan geografis. Berdasarkan geografis, maka macam-macam jaringan komputer dapat dibagi menjadi 3 macam, yaitu : LAN ( Local Area Network ), MAN ( Metropolitan Area Network ), dan WAN ( Wide Area Network ). Tapi dalam beberapa referensi yang membahas macam-macam jaringan komputer, ada yang membagi macam-macam jaringan computer berdasarkan geografi ke dalam 5 macam jaringan komputer yaitu : LAN ( Local Area Network ), MAN ( Metropolitan Area Network ), WAN ( Wide Area Network ), Intranet, dan Internet.

Dalam artikel macam-macam jaringan komputer kita akan memaparkan pemahaman yang pertama, bahwa macam-macam jaringan komputer dibagi menjadi 3 berdasarkan letak geografis. Sedangkan untuk pembagian macam-macam jaringan komputer berdasarkan kategori tertentu bisa kita lihat di postingan sebelumnya tentang jaringan komputer.

1. LAN ( Local Area Network )

Jaringan Area Lokal (LAN) adalah jenis yang paling umum dari jaringan data. Seperti namanya, LAN melayani area lokal Instalasi khas di pabrik-pabrik industri, gedung perkantoran, kampus atau universitas, atau lokasi serupa. Di Lokasi seperti ini layak membangun jaringan yang berkualitas tinggi, link komunikasi node interkoneksi kecepatan tinggi. kecepatan Khas transmisi data adalah 1/100 megabit per detik.LAN memungkinkan pengguna untuk berbagi sumber daya pada komputer dalam suatu organisasi, dan dapat digunakan untuk menyediakan akses (shared) kepada organisasi remote melalui sebuah router yang terhubung ke Metropolitan Area Network (MAN) atau Wide Area Network (WAN).

2. MAN ( Metropolitan Area Network )

MAN adalah kelas yang relatif baru dari jaringan, melayani peran yang mirip dengan ISP, tetapi untuk pengguna korporat dengan LAN besar. MAN biasanya meliputi area seluas antara diameter 5 s.d 50  km.  Sebuah MAN (seperti WAN) umumnya tidak dimiliki oleh satu organisasi. MAN, komunikasinya link dan peralatan umumnya dimiliki oleh salah satu konsorsium pengguna atau oleh penyedia jaringan tunggal yang menjual layanan kepada pengguna. Tingkat pelayanan yang disediakan untuk tiap user sehingga harus dinegosiasikan dengan operator MAN, dan beberapa jaminan kinerja biasanya ditentukan.M AN sering bertindak sebagai jaringan kecepatan tinggi untuk memungkinkan berbagi sumber daya daerah (mirip dengan LAN besar). Hal ini juga sering digunakan untuk menyediakan koneksi bersama untuk jaringan lain dengan menggunakan link ke WAN.

3. WAN ( Wide Area Network )

Pengertian WAN adalah Jaringan Komputer area luas menggabungkan beberapa LAN yang terpisah secara geografis.  Hal ini dilakukan dengan menghubungkan berbagai layanan LAN menggunakan didedikasikan saluran telepon sewa, saluran telepon dial-up (baik sinkron maupun  asinkron), link satelit, dan layanan operator paket data.  Jaringan WAN dijalankan dengan  modem dapat mengakses atau sebaliknya ke remote server menggunakan routing protokol khusus dan filter untuk meminimalkan biaya pengiriman data dari jarak yang luas .Istilah Area Network Luas (WAN) biasanya mengacu pada jaringan yang mencakup area geografis yang luas, dan menggunakan sirkuit komunikasi untuk menghubungkan node intermediate. Faktor utama yang mempengaruhi desain WAN adalah kinerja merupakan persyaratan sirkuit yang mereka sewa dari perusahaan komunikasi atau operator telepon komunikasi lainnya. Tingkat transmisi biasanya 2 Mbps, 34 Mbps, 45 Mbps, 155 Mbps, 625 Mbps (atau kadang-kadang jauh lebih).Merupakan jaringan yang mencajup wilayah geografis luas seperti provinsi,pulau,negara,benua atau seluruh dunia(50 Km).Contohnya jaringan telekomunikasi nasional,telekomunikasi seluler dan televisi nasional.



Response on "Macam-Macam Jaringan Komputer"

Muhammad Risalon Google+