Contoh Kata Pengantar Buku Bahasa Indonesia

Saturday, February 11th, 2017 - Contoh Kata Pengantar

Contoh Kata Pengantar Buku Bahasa Indonesia – Pada kesempatan ini admin Artikel Bagus akan berbagi informasi mengenai Contoh Kata Pengantar Buku Bahasa Indonesia, di sini admin akan memberikan dua buah contoh kata pengantar buku bahasa Indonesia yang baik dan benar. Contoh Kata Pengantar Buku Bahasa Indonesia

Contoh Kata Pengantar Buku Bahasa Indonesia

Kata Pengantar

Pendidikan dasar enam tahun telah kalian lalui dengan lancar. Selanjutnya, kalian telah memasuki pendidikan menengah pertama yang merupakan jenjang minimal pendidikan masyarakat Indonesia.

Jenjang pendidikan menengah pertama memiliki perbedaan dengan sekolah dasar. Pada pendidikan menengah ini, kalian akan menemukan keanekaragaman, baik teman, mata pelajaran, maupun guru. Oleh karena itu, diperlukan interaksi yang berkesinambungan untuk memasuki lingkungan baru ini. Dengan demikian, kalian dituntut memiliki keterampilan yang baik.

Pada pelajaran bahasa Indonesia, kalian akan berlatih meningkatkan keterampilan berbahasa, yang meliputi mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Di antaranya, mendengarkan berita, bertelepon dengan santun, membaca cepat, menulis buku harian, dan lain-lain.

Untuk meningkatkan apresiasi terhadap karya sastra, kalian akan berlatih mendengarkan dongeng, mengomentari buku, membaca cerpen, maupun menulis puisi. Bagaimana kemampuan kalian dalam bersastra?

Dengan mempelajari buku Aktif Berbahasa Indonesia, kemampuan berbahasa dan bersastra kalian akan lebih terasah. Oleh karena itu pelajarilah dengan sungguhsungguh.

Akhirnya, semoga buku ini bermanfaat bagi kalian. Selamat belajar, semoga sukses.

 

Surakarta, September 2007

 

Penulis

Kata Pengantar

Puji syukur patut kalian panjatkan ke hadirat Tuhan yang Maha Esa karena dengan rahmat dan karunia-Nya kalian memperoleh kesempatan untuk melanjutkan belajar dari SD ke SMP/MTs.

Kalian tentu sudah mengenal bahasa Indonesia sejak kecil. Dalam kehidupan sehari-hari, baik sengaja maupun tidak sengaja kalian sering menggunakan bahasa Indonesia. Misalnya, ketika kalian berusia balita, kalian belajar berbahasa Indonesia dengan cara mendengarkan apa saja yang kalian dengar. Kemudian dari tahap mendengar, kalian dapat mengucapkan atau berbicara kata-kata, kalimat, sampai dengan bercerita. Menginjak usia sekolah, kalian mulai belajar berbahasa Indonesia dengan cara membaca huruf, kata, kemudian kalimat, dan terakhir bacaan.

Pada tahap terakhir kalian dapat menulis apa saja yang telah kalian dengar, bicarakan, dan baca.

Pada zaman globalisasi ini keterampilan berbahasa yang mencakup mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis tersebut harus kalian miliki.

Dengan memiliki keterampilan berbahasa, kalian akan dapat menerima dan menyampaikan segala informasi secara benar dan cepat.

Buku ini ditulis untuk memenuhi kebutuhan kalian akan keterampilan berbahasa dan bersastra Indonesia. Materi yang disajikan dalam buku ini telah disesuaikan dengan kurikulum terbaru yang harus diterapkan untuk anak usia kelas VII SMP/MTs. Buku ini disajikan dengan bahasa yang sederhana serta menyajikan topiktopik permasalahan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga mudah untuk kalian pahami.

Penulis mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu tersusunnya buku ini. Akhirnya, semoga buku ini bermanfaat bagi kalian dalam memperoleh keterampilan berbahasa dan bersastra Indonesia, dan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Selamat belajar, semoga sukses.

 

Mei, 2008

 

Penulis

Bagi teman-teman yang membutuhkan Contoh Kata Pengantar Buku Bahasa Indonesia dalam bentuk file Word, silahkan buka lin berikut ini

https://drive.google.com/file/d/0BwzXUC6R-tuARVlpdlV4QnFQa3c/view?usp=sharing

Silahkan copy paste link di atas di browser masing-masing untuk mendownload filenya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *